Rabu, 11 Februari 2009

Link Silaturahim Pergerakan


Melalui surat ini kami menyampaikan undangan terbuka kepada Anda sekalian untuk terlibat aktif berdiskusi di millist pikatan@googlegroup s.com. Millist ini adalah sarana diskusi para perantau asal Temanggung Jawa Tengah yang beraktivitas dalam gerakan lokal. Kisahnya, Juli 2006 lalu kami menerbitkan sebuah media Koran lokal terbit bulanan Stanplat Temanggung.



Media ini selain sebagai alat mengonsolidasikan para perantau untuk "memikirkan" Temanggung, juga sebagai alat kontrol pemerintahan Temanggung. Terbit 16 Halaman dengan arus edar 3000eksemplar. Beredar 2500 eks di Temanggung dan sisanya beredar di perantau.



Tahap selanjutnya adalah membentuk organisasi yang memiliki komitmen gerakan lokal bernama PIKATAN (Perkumpulan Independen Komunitas Temanggungan) . Kemudian para aktivis PIKATAN membentuk sebuah organisasi sayap bernama Komunitas Tanah Merdeka (KTM) yang bergerak di bidang seni dan budaya. Beberapa bulan setelah itu para aktivis PIKATAN membentuk Lumbung Zakat Temanggung (LZT) sebagai lembaga yang bergerak pada kegiatan derma berbasis agama Islam.



Dalam dua tahun ini kami sudah memiliki sebuah organisasi induk PIKATAN dengan media Stanplat, Wadah seni/budaya KTM dan Kegiatan Karikatif di LZT. Perkembangan ini tentu sangat membahagiakan.



Prinsip dari semua organisasi tersebut selalu mengacu pada konsep gerakan lokal di mana setiap aktivitas dimaksudkan untuk memberdayakan kekuataan dan potensi lokal di era globalisasi. Sarana komunikasi internet benar-benar membukakan pintu seluas-luasnya kepada kita untuk bergerak tanpa harus berpijak pada konsep organisasi tradisional yang 100 persen mengandalkan kerja tatap muka.



Kami bisa melakukan rapat, kerja dan koordinasi tanpa harus secara khusus mengalokasikan waktu pertemuan. Basis gerakan kami pada prinsipnya adalah e-activities, -sekalipun dalam beberapa hal yang penting tetap membutuhkan pertemuan tatap muka.



Dua tahun perjalanan gerakan lokal masyarakat perantau asal temanggung membuat kami merasa penting untuk instropeksi dan membuka diri. Derap globalisasi dan perkembangan wacana yang demikian cepat menyadarkan kepada kami agar tidak terkungkung berhubungan dengan sebatas warga Temanggung. Sekalipun beberapa aktivis daerah lain sudah mengenal gerakan kami, namun itu tidak cukup. Kami membutuhkan partisipasi dari para pegiat gerakan lokal di daerah lain untuk saling berbagi,-syukur- syukur bisa berkontribusi bersama kami di organisasi PIKATAN. Sekalipun PIKATAN adalah organisasi lokal berbasis komunitas kedaerahan, bukan berarti warga non Temanggung tidak boleh terlibat. Bahkan dalam AD/ART Pikatan sendiri warga Non Temanggung diberikan kesempatan untuk ikut terlibat dalam gerakan ini. (lihat di AD/ART http://pikatan. wordpress. com



Gerakan Lokal bagi kami adalah cara kita membangun Indonesia melalui basis-basis riil masyarakat di era global. Karena itu kami juga sangat senang bersinergi dengan komunitas gerakan lain yang memiliki prinsip serupa. Para aktivis mahasiswa, aktivis LSM, Jurnalis, politisi dan lain sebagainya sangat kami harapkan menaruh kerjasama dalam gerakan ini.



Dengan senang hati kami mengundang Anda sekalian untuk berkumpul dan berdiskusi di millist pikatan@googlegroup s.com. Kirim email kosong ke pikatan-subscribe@ googlegroups. com. Masukkan biodata singkat Anda agar kita saling mengenal satu sama lain. Jika biodata Anda tidak berkenan dibaca publik millist, anda bisa mengirim ke email sekretaris pikatan fahru83@gmail. com.



Salam persahabatan


Anif Punto Utomo

Ketua Umum PIKATAN



Fahrudin Al-Aswad

Sekretaris PIKATAN

(Hp 08156801352)



Kunjungi situs kami

http://pikatan. wordpress. com

http://stanplat. blogspot. com



Bagi Anda yang ingin berlangganan Stanplat Temanggung edisi cetak hubungi Sdr Irawan Prasetyadi.08151409 6252. atau Hubungi Andy Yoes Jl Galur Sari Selatan VIII No 19 H Utan Kayu Jakarta Timur O21-85901440/ 02168339197

Tidak ada komentar:

Posting Komentar